Perangkat Masukan (Input)

share on facebook

 Perangkat Masukan (Input)

Data dan perintah yang diterima komputer dikenal sebagai input atau masukan. Hardware yang digunakan untuk memasukannya disebut input hardware. Input hardware bekerja seperti organ mata, telinga, hidung dan sebagainya yang membawa informasi ke otak.







1. Keyboard

Cara paling umum untuk memasukan data ke dalam komputer adalah melalui keyboard. Dengan menggunakan word processing software keyboard dapat digunakan utnuk mengetik dokumen dan mengirimkan perintah ke CPU. Kemampuan pengetikan yang cepat seringkali tidak dapat diakomodasi oleh keyboard karena pada kenyataannya seringkali pengetikan lebih cepat ketimbang keyboard. Bekerja terlalu lama menggunakan keyboard dapat menyebabkan sakit jari dan persendian.

2. Mouse

Mouse merupakan alat input yang dioperasikan memakai tangan. Bila cukup imajinasi maka mouse akan terbayangkan seperti tikus sungguhan.
Mouse digunakan untuk menggerakkan cursor atau pointer, menggambar pada layar, atau memilih perintah pada menu (menu adalah kumpulan pilihan perintah)

Mouse biasanya dibuat dari bahan plastik dan ekornya terhubung ke komputer. Dibawah mouse terdapat bola karet atau metal yang bergerak bila mouse digerakkan. Pergerakan dari bola dikirimkan ke CPU setelah dikonversi dalam bentuk data.

CPU menggunakan data ini untuk menetapkan arah pergerakan mouse. Sinyal dikirimkan ke kursor pada layar monitor yang mengikuti secara tepat arah gerakan mouse

3. Scanner

Scanner merupakan mata dari komputer. Scanner dapat melihat gambar atau menterjemahkan cetakan teks ke bentuk kode biner.
Kebanyakan dari scanner mengumpulkan data dari setiap halaman dengan merekam daerah gelap dan terang. Scanner terdiri dari kamera yang terbuat dari ribuan sel kecil yang disebut Charge coupled devices (CCDs) Setiap CCD mendeteksi setiap bagian gelap dan terang dari dokumen, mengirimkannya ke CPU dan membentuk citra – image. Beberapa scanner cukup teliti untuk membedakan warna.

Umumnya scanner memiliki 90.000 CCD per inci persegi atau setara 35.000 per cm persegi. Dibutuhkan lebih dari 3000 CCD untuk menscan image sebesar ujung jarum.

4. Optical Character Reader

Komputer dapat digunakan untuk membaca teks atau simbol pada halaman cetakan. Contohnya; membaca lembar jawaban dari ujian/tes pilihan berganda. Cara kerjanya adalah dengan mebandingkan hasil baca dengan karakter yang sudah ada pada memory.

5. Layar Sentuh

(Touchscreen) Touchscreen dibentuk dari sistem rumit pengkabelan yang sensitif bila disentuh oleh ujung jari. Pilihan dan perintah dilakukan dengan menekan daerah berbeda pada layar.
Baca Juga:
Langganan
Get It

Blog ini terbuka untuk umum

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!