Perangkat Keluaran (output)

share on facebook

Perangkat Keluaran

A. Monitor

Informasi yang dihasilkan oleh komputer disebut Keluaran (output). Ouput komputer adalah kode biner. Perangkat output menterjemahkan kode biner ke desimal dan huruf yang dimengerti pemakainya. Output dapat dicetak ke kertas (hardcopy) ataupun ditampilkan di layar (softcopy).


1. Monitor VGA Monitor VGA (Video Graphics Array) umumnya menggunakan Analog monitor. Standard VGA mempunyai resolusi 640x480 dengan 16 warna.

2. Monitor SVGA Memiliki kemampuan di atas standard VGA. Modus resolusi dan warna yang didukung monitor SVGA :

800x600 dengan 16 warna
640x480 dengan 256 warna
800x600 dengan 256 warna
1024x768 dengan 16 warna

3. Sinar Katoda

Monitor menampilkan data pada layar. Monitor umumnya bekerja seperti televisi. Sinyal listrik dikonversi ke dalam image pada layar dengan alat yang disebut Tabung sinar katoda (Cathode Ray Tube). CRT terbangun dari perangkat tembak partikel listrik pada layar.

4. Monitor Monokrom

Beberapa komputer masih memiliki monitor monokrom. Ini berarti menggunakan satu warna saja; berwarna atau hitam. Mono berarti satu dan krom (chrome) berarti warna. Contoh yang paling sering didapat adalah warna hijau, putih, atau oranye. Monitor sekarang ini, lebih banyak berwarna.

Monitor Layar Datar (Flat Screen Monitor)

Monitor CRT terlalu gemuk untuk dibawa-bawa. Selain itu, komputer memiliki flat screen monitor – monitor layar datar. Kebanyakan layar seperti ini menggunakan Liquid Crystal Display (LCD). Layar LCD berisi molekul cair yang mereflesikan cahaya. Ketika layar discan oleh komputer beberapa molekur berputar merefleksikan cahaya. Sedangkan yang tidak berputar tetap gelap.

Suara (Sound) Dengan menggunakan sound synthesizer komputer dapat menghasilkan output suara. Suara diproduksi dengan cara menggetarkan udara yang disebut sebagai sound wave. Pada sound synthesizer, sinyal listrik dikonversi dalam bentuk sound wave oleh oscillator. Software suara digunakan untuk mencampur suara musik atau membuat suara baru. Beberapa jenis software sound bahkan menghasilkan suara seperti manusia berbicara yang disebut Speech Synthesizer.


Display Adapter Card

Display Adapter atau lebih dikenal dengan istilah VGA Card, merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengubah paket data menjadi tampilan grafis di monitor.

VGA Card

1. MDA Monochrome Display Adapter, Dirancang khusus untuk menampilkan Text, yang biasa dikenal dengan 40x25 text dan 80x25 text.

2. CGA Color Graphic Adapter, Kemampuan graphic pertama pada IBM-PC dengan resolusi rendah yaitu 320x200 graphic dengan 4 warna, 640x200 graphic dengan 2 warna, 40x25 text dan 80x25 text.

3. HGA (Hercules Graphics Adapter), Menggunakan monochrome teknologi untuk menampilkan graphic sebanyak 720x348 pixel. Text ditampilkan melalui matrix pixel 8x14 pixel.

4. EGA Enhanced Graphics Adapter, EGA memperbaiki kualitas CGA dengan menampilkan lebih banyak warna dan resolusi lebih tinggi, yaitu 640x350 pixel dengan 16 warna. Untuk menggunakan EGA Card, harus digunakan juga EGA-Monitor.

5. VGA Video Graphics Array, Bila CGA, HGA dan EGA menggunakan digital monitor, artinya representasi warna melalui 3 BIT, yaitu Red, Green dan Blue, sehingga menghasilkan kombinasi 8 warna (ditambah perbedaan intensitas sehingga menjadi 16 warna), maka VGA kali ini menggunakan Analog Video, sehingga jauh lebih banyak mempunyai kombinasi warna (dapat mencapai hingga lebih 250 000 warna).


B. Compact Disc

CD-ROM Drive


Cara paling umum untuk menyimpan data pada disk portabel adalah menyimpannya ka rtun animCompact Disk (CD). CD dapat menyimpan data dalam jumlah besar dengan bentuk; kata, musik, kartun animasi, dan gambar.

Data direkamkan pada CD menggunakan cahaya laser yang kuat yang membakar pits ke permukaannya. Pit adalah untuk biner 1 pit kosong disebut land atau biner 0. Pembacaan dilakukan dengan cahaya yang lebih lemah saat disk berputar.

PC dapat dilengkapi dengan CD drive dan speaker.
Terdapat tiga jenis CD; Read –only opticall disk, WORM dan Erasable optical disk.
Read-only disk Disk ini tidak dapat ditulis oleh pemakai CD hanya dapat dibaca. Data di-encode saat pembuatannya, tidak dapat dihapus atau diubah. Read-only optical disk yang paling populer adalah CD-ROM

WORM Write Once; read may optical disk adalah CD blank yang dapat dipakai untuk menuliskan data. Setelah data disimpan disk dapat dibaca tapi tidak dapat dihapus atau diubah.

Erasable optical disk Disk ini dapat dipakai untuk menyimpan seperti disk lainnya. Data yang terekam dapat dipanggil kembali juga dapat dihapus. Merupakan bentuk CD masa depan yang diusahakan agar lebih murah harganya.

C. Printer

Beberapa pemakai berpikir bila data sudah direkam ke disk maka tidak diperlukan lagi cetakan kertas. Tapi kenyataannya tidaklah demikian. Komputer dapat saja salah dan disk mungkin terjadi corrupt dan data tidak dapat dibaca. Cara untuk tidak kehilangan data ternyata adalah mencetak data ke kertas melalui printer.


1. Printer Dot Matrix

Printer Dot matrix terdiri dari jarum logam memukul kertas melalui pita untuk membuat pola titik atau kotak. Dot/titik dan kotak timbul bergabung dalam teks atu grafis. Cetakan yang bagus dari printer ini, sangat bergantung kepada jumlah pin/jarum pada mesin.

2. Printer Ink Jet

Printer ini mencetak gambar atau karakter dengan menggunakan semprotan tinta ke permukaan kertas. Tinta disimpan pada tempat tinta yang dihubungkan dengan kanal kabel. Tinta dapat berwarna sehingga printer dapat menghasilkan jumlah warna yang banyak.

3. Printer Daisy Wheel

Printer ini, huruf yang disusun beraturan pada kipas logam. Kipas berputar mencari posisi cetakan dan mencetak seperti pada mesin ketik yang kita kenal. Pita terletak diantara palu huruf dengan kertas.

4. Printer Laser

Printer ini bekerja menggunakan cahaya pekat laser (laser beam) untuk mengkonversi data biner untuk dicetak. Printer ini bekerja dengan cepat untuk pencetakan setiap halamannya.
Printer Driver
Komputer membutuhkan software yang disebut printer driver pada CPU untuk mengendalikan pencetakan. Printer driver menyesuaikan diri dengan cetakannya sehingga memberikan hasil yang baik.

Printer Spooler Komputer menghasilkan informasi lebih cepat dibandingkan dengan cetakan. Ini berarti, komputer harus menunda sejumlah informasi sampai cetakan siap. Print spooler menyimpan data sebelum pencetakan ke printer dilakukan. Dengan demikian komputer dapat melakukan pekerjaan lainnya.
Baca Juga:
Langganan
Get It

Blog ini terbuka untuk umum

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!